Bunker atau Lubang Peninggalan Dai Nippon Jepang di Mandai Maros Sulsel

Bunker Peninggalan Dai Nippon Jepang di Mandai Maros Sulsel - Bunker Peninggalan Dai Nippon Jepang di Mandai Maros merupakan salah satu bukti dari betapa gigihnya jepang dalam membangun impian Imperium Asia Timur Raya, Amir Berjalan meliput bunker yang terletak di kantor lurah bontoa ini, silahkan disimak videonya sampai habis. Mungkin Bunker ini dibangun dengan semangat lagu-lagu patriotisme Dai Nippon, ya sebua bunker yang terletak di dekat kantor lurah Bontoa kecamatan Mandai Kabupaten Maros. Bunker ini terbuat dari beton bertulang yang cukup kokoh dengan model T, Bunker ini terletak di dekat bandara Mandai, jadi sampai disini kita bisa mengetahui fungsi bunker ini merupakan prasarana pertahanan didekat objek vital bandara mandai yang menjadi pangkalan tentara dai nippon saat itu.

Bunker merupakan merupakan lubang atau ruang perlindungan bawah tanah yang dipakai sebagai benteng pertahanan dan perlindungan dari serangan musuh. Dalam hal ini bunker Jepang dipersiapkan dalam menangkis serangan sekutu dari udara. Karena pada waktu itu Lapangan Udara Mandai (bandara Lama) sudah dikuasai dan dijadikan sebagai pangkalan bagi bala tentara Jepang.  Masuknya Bala Tentara Jepang di Sulawesi selatan tak dapat dipisahkan dari sejarah masuknya Bala Tentara Jepang di Indonesia. Berdasarkan catatan sejarah, Bala Tentara Jepang melakukan pendaratan untuk pertama kalinya di Makassar pada tanggal 9 Pebruari 1942, mereka berasal dari kesatuan Giyugun (Angkatan Laut).





Dan salah peninggalan Bala Tentara Jepang yang masih dapat disaksikan hingga sekarang adalah Bunker di sekitar Bandara lama, kecamatan mandai Kabupaten Maros. Bunker ini terdiri dari sepuluh buah yang sudah teridentifikasi, semuanya terletak di kelurahan Bontoa kecamatan Mandai Kabupaten Maros. Bunker Jepang ini secara garis besar berdenah Z dan T. Bunker ini terbuat dari beton bertulang, dibuat khusus untuk melindungi serdadu-serdadu Jepang dari serangan udara tentara Sekutu. Dari 10 buah yang sudah terindentifikasi, maka divideo ini merupakan salah satu bunker jepang yang berbentuk T. dilihat dari bentuk bunker ini, maka bisa di tebak bahwa bunker ini dulunya merupakan bunker tempat menyimpan barang-barang perang dai nippon, karena didalam bunker ada semacam ruangan yang cukup luas, kemungkinan bunker ini adalah tempat meyimpan senjata atau ransum mereka, tapi fungsi bunker ini sebenarnya butuh penelitian lebih lanjut.

Posting Komentar

0 Komentar